Area II

AREA II – PENATAAN TATA LAKSANA

Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur yang jelas serta terukur pada Zona Integritas menuju WBK.Target yang ingin dicapai: 

  1. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen di Pengadilan Negeri Wonosari menuju WBK
  2. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen Pengadilan Negeri Wonosari menuju WBK.
  3. Meningkatnya kinerja menuju WBK. Untuk mencapai target tersebut Pengadilan Negeri Wonosari melakukan upaya dengan indikator-indikator sebagai berikut : Membuat SOP yang mengacu pada bisnis proses, Membuat SOP turunan yang diterbitkan oleh pusat, dan Membuat SOP inovasi
  4. Memastikan pelaksanaan tugas pegawai sesuai SOP dengan memasang informasi tentang alur atau prosedur layanan. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemasangan alur prosedur layanan dan foto-foto kegiatan.
  5. Melakukan evaluasi SOP
  6. Membuat laporan hasil evaluasi SOP
  7. E-Office, pengukuran indikator ini dengan mengacu pada sistem pengukuran kinerja unit melalui aplikasi E-Monev, SIPP, dan Komdanas, dan sistem pengukuran inndividu melalui jurnal harian melaui aplikasi E-LLK. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung aplikasi E-Monev, SIPP, Komdanas dan E-LLK.
  8. Memastikan manajemen SDM dengan menggunakan Aplikasi SIKEP
  9. Pelayanan publik berbasis aplikasi : penggunaan IT di PTSP, SIPP, Antrian Sidang, Aplikasi PNBP Online, adanya Website dan adanya Sosial Media (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube). Kegitan tersebut dilengkapi dengan data pendukung : Capture Website, aplikasi layanan dan media sosial.
  10. Melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan teknologi informasi setiap semester. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumentasi kegiatan.
  11. Keterbukaan informasi publik. Indikator yang dilakukan yang mengacu pada kebijakan tentang keterbukaan informasi publik yang sudah di terapkan di Pengadilan Negeri Wonosari meliputi : Menyiapkan informasi dengan berbagai infrastruktur dan konten yang memadai, disertai sikap dan keterbukaan. Prosedur yang memadai dengan indikasi memiliki website yang mudah diakses dan menerapkan keterbukaan informasi publik meliputi persyaratan berperkara, alur berperkara, papan panjar biaya perkara melalui spanduk/banner, website dan media sosial. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Capture anggaran DIPA di Website, Capture spanduk, Website dan Medsos.
  12. Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan informasi publik. Membuat laporan hasil monitoring yang di dukung dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen laporan.

Pemenuhan (Eviden dan Data Dukung)

1. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi, data dukung :

  • Dokumen peta bisnis proses
  • Dokumen SOP
  • Dokumen SOP Inovasi

Download : Dokumen pendukung

2. Prosedur SOP diterapkan, data dukung :

  • Capture pemasangan/informasi tentang alur dan procedure layanan
  • Foto kegiatan pelayanan

Download : Dokumen Pendukung 

3. Prosedur Opersional tetap (SOP) telah dievaluasi, data dukung :

  • Undangan, daftar hadir, notulen dan foto monev SOP
  • Laporan Monev SOP
  • Laporan indak lanjut monev SOP
  • Dokumen Revisi SOP

Download : Dokumen Pendukung

1. Pengukuran Kinerja satker melalui IT :

     a. Pengukuran kinerja satker :

  • Rapor SIPP
  • Laporan Monev SIPP
  • Tindak Lanjut
  • Capture SIPP dan simtalak, E-Court dan aplikasi turunan SIPP

     b.  Pengukuran Kinerja individu berupa capture SIKEP SKPP, SIPP, ECOURT

Download : Dokumen Pendukung 

2. Manajemen SDM menggunakan TI : Capture user akun pengguna SIKEP dan SIPP, E-Court

Download : Dokumen Pendukung

3. Pelayanan public menggunakan TI

  • Capture aplikasi terkait layanan public
  • Capture website
  • Capture media social (sms gateway)

Download : Dokumen Pendukung 

4. Monev pemanfaatan TI dalam pengukuran kinerja unit, SDM, dan layanan public secara bulanan:

  • Undangan, daftar hadir, foto rapat
  • Dokumen monev
  • Laporan tindak lanjut

Download : Dokumen Pendukung 

1. Kebijakan tentang infromasi public, data dukung :

  • Capture website
  • Capture website, foto banner, spanduk, media social, terkait keterbukaan informasi public (persyaratan, alur, waktu dan biaya)

Download : Dokumen Pendukung 

2. Monev pelaksanaan kebijakan informasi public, data dukung :

  • Undangan, daftar hadir, foto rapat
  • Dokumen monev
  • Laporan tindak lanjut

Download : Dokumen Pendukung 

Reform (Eviden dan Data Dukung)

  • Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan

Download : Dokumen pendukung

a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien

Download : Dokumen Pendukung 

b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien

Download : Dokumen Pendukung 

a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

Download : Dokumen Pendukung 

b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

Download : Dokumen Pendukung 

c. Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal

Download : Dokumen Pendukung