Pengawasan dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Wonosari, Pada hari Rabu tanggal 28 November 2018 Tim Pengawasan dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta melakukan Kegiatan Pengawasan dan Pembinaan pada Pengadilan Negeri Wonosari Kelas II. Adapun Ketua Tim Pengawasan ini adalah Zaenal Fatoni, S.H. dengan anggota Sunardi, S.H., Kasnoto, S.H., M.H., Sunardi, S.H., M.H dan Setyawan Sigit Purwanto.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Haryanto, S.H., M.H. yang hadir bersama Panitera Pengadilan Tinggi Yogyakarta Tjatur Wahjoe B.S.P, S.H., M.Hum., beliau menyampaikan bahwa pada pengawasan dan pembinaan kali ini mengacu pada standar Checklist Akreditasi Penjaminan Mutu Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI. Mengacu padan poin-poin penilaian pada Akreditasi Penjaminan Mutu, hal tersebut tentu berbeda dengan pengawasan-pengawasan yang telah dilakukan sebelumnya.

Selanjutnya beliau juga menekankan kembali mengenai pentingnya untuk selalu menjaga integritas warga peradilan, sesuai dengan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI mengenai Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Poin-poin pengawasan meliputi Manajemen Peradilan, Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan dan Administrasi Umum. Acara ditutup dengan closing dari Tim Pengawasan dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Yogyakarta pada sore harinya, yang memaparkan hasil pengawasan dan pemeriksaan pada setiap bagian baik Kepaniteraan maupun Kesekretariatan.